SEJARAH INTERNET
1.
Apa dan Bagaimana Internet Itu ?
Pengertian
dan Sejarah Internet
Internet adalah
jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas
teritorial, hukum dan budaya. Secara fisik dianalogikan sebagai jaring laba-laba
(The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik (node) yang saling
berhubungan. Node bisa berupa
komputer, jaringan lokal atau peralatan komunikasi, sedangkan garis
penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung
(backbone) yaitu
media komunikasi terestrial (kabel, serat optik, microwave, radio link) maupun satelit
. Node terdiri dari pusat informasi dan database, peralatan komputer dan
perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari,
menempatkan dan atau bertukar informasi di Internet.
Menurut Lani
Sidharta (1996) : walaupun secara fisik Internet adalah interkoneksi antar
jaringan komputer namun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya
informasi. Isi Internet adalah informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu
database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan
Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek
kehidupan di dunia nyata ada di Internet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik
dan lain sebagainya. Drew Heywood (1996)
menerangkan : sejarah Internet bermula pada akhir dekade 60-an saat
United States Department of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk
komunikasi Internetworking. Yaitu standar yang mampu menghubungkan segala jenis
komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan
ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga
mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang. Tahun 1969 Advanced
Research Project Agency (ARPA) dibentuk tugasnya melakukan penelitian
jaringan komputer mempergunakan teknologi packet switching. Jaringan pertama
dibangun menghubungkan 4 tempat yaitu : UCLA, UCSB, Utah dan SRI International.
Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih dari 20 host dan disebut
sebagai ARPANet. ARPANet kemudian menjadi backbone Internetworking
institusi pendidikan, penelitian, industri dan kontraktor terutama yang berkaitan
dengan jaringan militer (MILNet). Tahun 1986 ARPANet
mulai dikomersialkan dengan mengisolasikan jaringan militer. National
Science Foundation (NFS) kemudian membiayai pembongkaran backbone ARPANet
menjadi backbone Internet komersial dan dikelola oleh Advanced Network Service
(ANS). Andrew S. Tanenbaum (1996) : andil besar dalam
perwujudan Internet
adalah tergabungnya jaringan regional seperti SPAN (jaringan fisika energi
tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM), EARN (jaringan akademis Eropa dan digunakan
pula di Eropa Timur) dan ditambah dengan sejumlah link transatlantik yang
beroperasi pada 64 Kbps - 2 Mbps pada tahun 1988.
Menurut Khoe Yao
Tung (1997), jaringan pendukung Internet di seluruh dunia adalah :
·
Amerika didorong oleh NFS - ANSNet dan CO+RE
(jaringan non profit terbatas) yang bekerjasama
dengan Commercial Internet Exchange (CIX) serta Sprint (perusahaan
telekomunikasi umum) tahun 1990. Pengesahaan RUU NREN (National Research
and Education Network) oleh Kongres Amerika pada
Desember 1991.
Ditambah 8 aliansi jaringan regional yang tergabung dalam The Corporation for
Regional an Enterprise Networking (CoREN) yaitu : BARRNet, CICNet,
MIDNet, EARNet, NorthWestNet, MYSERNet, SURANet dan WestNet. CoREN
bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi komersial
MCI. Kanada dengan jaringan backbone nasional CA*Net
·
Australian Academic and Research Network (AARNET) The Europe Backbone (EBONE) dan The European UNIX
Network (EUNet) dan RIPE organisasi
jaringan e-mail Eropa
·
Jepang memiliki Widely Integrated Distributed
Environtment (WIDE), Today
International
Science Network (TISN), Japan Academic Interuniversity Network
(JAIN) dan Japan
UNIX Network (JUNET). Kebanyakan bekerjasama dengan
jaringan telekomunikasi
komersial AT&T perwakilan Jepang yang disebut
dengan SPIN.
Pelayanan lain yang bersifat internasional adalah InterCon
International KK
(IIKK) dan Internet Initiative Japan (IIJ) yang berasosiasi
dengan WIDE untuk
menyediakan jaringan Internet dikawasan Asia, termasuk
jaringan penelitian
dan pendidikan untuk kawasan Asia (disponsori oleh NEC,
IIJ dan WIDE) yang
disebut AI3 (Asia Internet Interconnection Initiative) yang
mengembangkan
teknologi satelit komunikasi Ku Band
·
Belakangan
muncul ABONE (Asia Backbone) yang didirikan oleh konsorsium
negara-negara di
Asia seperti Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Singapura,
Indonesia dan
Hongkong. Interkoneksi dunia tersebut memakai jaringan serat
optik antar benua
berkapasitas + 45 Mbps. (T3 +) dan jaringan satelit
telekomunikasi.
Protokol
TCP / IP
Salah satu isu
terpenting di Internet adalah penerapan Standar Komputasi Terbuka
(Open Computing
Standard). Karena Internetworking dan Internet mengintegrasikan
semua sistem, jenis
dan tipe komputer yang ada di dunia, maka harus ada standar
yang menjamin
komputer dapat saling berbicara satu sama lain dalam bahasa yang
sama. Menurut Drew
Heywood (1996) : standar bahasa komputer universal telah
dikembangkan sejak
1969, terdiri dari serangkaian protokol komunikasi disebut
Transfer Control
Protocol yang bertugas mengendalikan transmisi paket data, koreksi
kesalahan dan
kompresi data dan Internet Protocol yang bertugas sebagai pengenal
(identifier) dan
pengantar paket data ke alamat yang dituju.
Protokol TCP / IP
menyatukan bahasa dan kode berbagai komputer di dunia
sehingga menjadi
standar utama jaringan komputer. TCP / IP berkembang cepat dan
kaya fasilitas
karena bersifat terbuka, bebas digunakan, ditambahkan kemampuan
baru oleh siapapun
dan gratis karena tidak dimiliki oleh siapapun. Menurut Khoe Yao
Tung (1996), Drew
Heywood (1996) dan Andrew S. Tanenbaum (1996) fungsi utama
protokol TCP/IP
adalah :
·
File Transfer Protocol (FTP) yaitu fasilitas
transfer file antar komputer
·
Surat elektronik (E-mail) atau fasilitas surat
menyurat antar komputer yang
terdiri atas Simple
Mail Transfer Protocol (SMTP) sebagai dasar komunikasi email,
Multi Purpose
Internet Mail Extensions (MIME) yaitu standar format biner
grafik, dan suara
agar dapat ditransmisikan melalui e-mail, Post Office Protocol
(POP) yaitu sistem
penerima e-mail, Network News Transfer Protocol (NNTP)
sarana pertukaran
berita, artikel dan diskusi melalui e-mail
·
Emulasi
terminal jarak jauh (Telnet, Remote Login) yang memungkinkan suatu
komputer (client)
untuk masuk dan mengendalikan host yang terletak jauh
darinya, misalnya
pada network yang lain atau di Internet
·
Simple Network Management Protocol (SMNP) yaitu
protokol pengendalian
peralatan network
jarak jauh. Drew Heywood (1996) menyebutkan : fungsi
utama itu masih
diikuti dengan fasilitas Domain Name System (DNS) yaitu
metode penamaan dan
pengalamatan suatu network berdasarkan
kelompoknya.
Sedang Andrew S.
Tanenbaum (1996) memberi pengertian fungsi secara singkat :
aplikasi TCP / IP
menghasilkan 4 fasilitas penting E-mail, News, Remote Login dan
Transfer File.
Semula tampilan Internet masih berupa teks murni, revolusi terjadi
ketika WEB atau
World Wide Web (WWW - tampilan grafis dan multimedia di Internet)
diperkenalkan.
WEB
dan HTML
Menurut Sampurna
(1996) : WEB adalah sekelompok kode berbasis teks yang
sederhana dan
universal, disebut Hypertext Markup Language (HTML). Karena
berbasis teks, HTML
dikenali dan diterjemahkan segala jenis komputer dalam bentuk
tampilan informasi
yang sama. HTML adalah kreasi Tim Berners Lee, ilmuwan
European Laboratory
for Particle Physics (CERN - organisasi penelitian 18 negara
Eropa) di Geneva
Swiss. Maret 1989 Tim memperkenalkan WEB dan HTML sebagai
standar antar muka
distribusi informasi di Internet yang mampu menggabungkan
teks, grafik dan
multimedia dengan metode navigasi menu pada mesin UNIX.
HTML adalah bahasa
kode pemrograman yang menjadi dasar bagi terwujudnya
WEB. Dengan HTML
seluruh sistem komputer yang saling berbeda dapat mengenali
format2 yang
ditampilkan dalam situs2 Internet tanpa perbedaan yang berarti,
termasuk didalamnya
penampilan multimedia (grafik, suara dan citra video). HTML
berbasis teks yang
sangat sederhana dan praktis sehingga dapat dipahami oleh
berbagai jenis
komputer dalam platform sistem yang berbeda.
Dokumen HTML
mengandung perintah2 teks yang disebut tag untuk
menampilkan tulisan,
gambar, warna, suara, video, animasi dsb. serta link yang
menghubungkan
berbagai topik. Dengan bentuk hypertext maka halaman Internet
(Web Site - Kios
Internet) akan dapat dibangun dengan cepat serta ditampilkan
dengan cantik. Dalam
konsep hypertext ini pembacaan suatu dokumen tidak harus
urut namun bisa
meloncat antar topik bahkan di print maupun dicopy ke media
penyimpan lokal
(harddisk misalnya). Format hypertext juga memungkinkan pemakai
mesin yang hanya
bisa mengenali teks untuk mengakses dokumen dalam bentuk teks
saja. Perbedaannya
hanya terletak pada tidak ditampilkannya gambar, grafik,
animasi, video,
suara dan warna.
Browser
WEB
Atas bantuan
National Center for Supercomputing Applications (NCSA), Mei
1993 standar ini
diwujudkan dalam bentuk software yang disebut MOSAIC. MOSAIC
adalah browser
pertama WEB dan diaplikasikan multiplatform UNIX, NeXT, Windows
dan Macintosh.
Browser adalah program penterjemah HTML menjadi tampilan WEB
(teks, grafis dan
multimedia) di layar komputer pemakai. Kreator MOSAIC adalah
Mark Andreesen, pada
tahun 1994 bergabung dengan Jim Clark yaitu salah seorang
pendiri Silicon
Graphics. Mereka kemudian membuat browser WEB komersial pertama
yaitu Netscape
Navigator yang dengan segera menggeser popularitas MOSAIC. Hingga
saat ini Netscape
adalah browser paling populer dan menjadi pelopor dibidangnya.
WEB,
Internet dan Perkembangannya
Januari 1992 pengguna
Internet membentuk The Internet Society yang
mempromosikan
Internet. Tahun 1994 CERN dan MIT membentuk World Wide Web
Consortium (W3C)
sebagai otorita tunggal bagi pengembangan WEB serta berwenang
menetapkan berbagai
standar di dalamnya. Awal dekade 90-an, WEB site (pusat
informasi berbasis
HTML di Internet) hanya berjumlah sekitar 50 buah URL (Uniform
Resource Locator -
sistem pengalamatan kios informasi di Internet) dan hanya berisi
teks saja.
Menurut Andrew S.
Tanenbaum (1996) : akhir 1990 telah berkembang menjadi
3 ribu jaringan dan
200 ribu komputer. Tahun 1992 host kesatu juta terhubung ke
Internet dan tahun
1995 terdapat puluhan backbone, ratusan jaringan menengah
regional, puluhan
ribu LAN, jutaan host dan pengguna. Pertumbuhannya mencapa dua
kali lipat setiap
tahun (data penelitian Paxton, 1996). Kini WEB adalah antar muka
paling populer di
Internet yang mampu menampilkan tidak hanya teks namun juga
grafik (gambar,
foto, animasi), suara, video dan dimensi virtual (3D). Diperkirakan
pada akhir 1998
telah lebih dari 10 juta WEB site dibangun oleh institusi pendidikan,
bisnis,
pemerintahan, media massa, hiburan, militer dan sebagainya dengan
pengguna lebih dari
100 juta.
2.
Apakah yang dimaksud dengan Intranet ?
Pengertian
dan Keunggulan
Intranet adalah
konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet, diperkenalkan
pada akhir tahun
1995. Khoe Yao Tung (1997) mengatakan : Intranet adalah LAN
yang menggunakan
standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan
berInternet dalam
lingkungan lokal. Intranet umumnya juga terkoneksi ke Internet
sehingga
memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet
lainnya
(Internetworking) melalui backbone Internet.
Kompatibilitas
Intranet (sebagaimana Internet) sangat tinggi terhadap sistem
lainnya sehingga
mudah diterapkan, dipelajari, dikembangkan dan dikonfigurasi
ulang. Dukungan
aplikasi, program dan sistem operasi yang luas akibat dari
popularitas Internet
menjadikan Intranet sebagai masa depan LAN. Keistimewaan
fasilitas Intranet
yang tidak terdapat pada jaringan lokal (LAN) konvensional adalah :
Tampilan WEB
(grafis, multimedia) pada sistem operasi, navigasi, aplikasi
maupun databasenya
Fasilitas standar
Internet : surat elektronik (E-mail), transfer file (FTP), emulasi
terminal jarak jauh
(Telnet, Rlogin), pengendalian peralatan network jarak jauh
(SMNP)
Aplikasi Internet
yang kaya seperti search engine, mailing list, newsgroup,
archie, gopher, wais
dan sebagainya
Script programming
universal Common Gateway Interface (CGI), Perl, Visual
Basic, C dan Java
yang mendukung operasi database
Dukungan integrasi
database dan kompatibilitas dengan perangkat lunak yang
telah ada seperti
dengan Foxpro, SQL maupun Oracle
Teknologi LAN
seperti manajemen database, sistem terdistribusi, client server,
sharing resource and
peripheral tetap dipertahankan.
Salah satu hal
terpenting dalam Internet / Intranet adalah keamanan jaringan
(network security).
Isu ini sensitif mengingat jaringan telekomunikasi komersial yang
dipakai bersifat
umum (public service communication network) sehingga rentan
penyusupan dan
penyadapan jaringan serta pembajakan data. Sejumlah teknologi
keamanan canggih
terus dikembangkan seperti firewall, enkripsi, encapsulated data
packet, id
recognition dan sebagainya, sehingga menjadi kelebihan tersendiri ketika
diterapkan dalam
Intranet. Berbeda dengan LAN yang menggunakan jaringan
komunikasi
terproteksi (VPN - virtual private network) sehingga keamanannya relatif
lebih terjaga
sehingga cukup memakai teknologi enkripsi saja.
Terminologi yang
lebih berkembang dari Intranet adalah teknologi Extranet
yang memiliki
pengertian suatu jaringan Intranet yang dapat diakses dari luar baik
melalui VPN maupun
media komunikasi umum.
3.
Apakah Internet Service Provider (ISP) Itu ?
Koneksi langsung ke
Internet akan memakan biaya yang sangat tinggi yang
tidak mungkin
ditanggung oleh pengguna perorangan. Solusinya didirikanlah
perusahaan penyedia
jasa yang membangun infrastruktur koneksi ke Internet (diluar
sistem telepon) dan
kemudian membagi kapasitas yang dimilikinya kepada
pelanggan. Dengan
demikian biaya koneksi akan menjadi ringan karena ditanggung
bersama oleh
sejumlah pelanggan melalui registrasi dan iuran (biasanya
berlangganan per
bulan) kecuali biaya pulsa ditanggung sendiri oleh masing2
pengguna.
ISP selain
memperoleh keuntungan dari pungutan iuran kepada anggota,
biasanya juga
menjual jasa yang lain seperti layanan Virtual Private Networking (VPN
- saluran WAN khusus
intern perusahaan melalui Internet), koneksi dedicated (24
jam), pembuatan dan
hosting (penempatan) situs Internet, konsultan jaringan
komputer bahkan ada
yang berjualan komputer. Sebagai organisasi komersial ISP
haruslah berbentuk
badan usaha yang sah menurut hukum yang berlaku. ISP juga
harus terdaftar
dalam lembaga Internet internasional serta memiliki alokasi IP
address (alamat
Internet) yang diatur oleh Internet Address Network Authority (IANA)
dan memiliki domain
yang terdaftar dan diakui komunitas Internet. Di Indonesia ISP
mempunyai wadah yang
disebut dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia (APJII).
Beberapa kriteria
umum untuk mengetahui kehandalan provider di Indonesia :
Dari sisi pelanggan
perlu diketahui berapa banyak data dapat dipindahkan
antara 2 titik dalam
1 detik ? Ini adalah ide dasar bagi standar laju transfer data yang
dinyatakan dalam
satuan Bit Per Second (detik) (Bps.). Semakin besar nilai Bps.
maka semakin cepat
data dipertukarkan, satuan ini dibakukan sebagai standar
kecepatan modem
Umumnya ISP memakai
modem 28.8, 33.6 atau 56 Kbps. walaupun kinerja
jaringan
telekomunikasi publik (telepon) masih berkisar antara 9.6 Kbps. hingga 28.8
(Kbps.). Kecuali
mempergunakan saluran digital khusus ISDN yang masih mahal
tarifnya.
Pergunakanlah modem dengan kecepatan yang sama atau lebih tinggi dari
milik ISP karena
kecepatan transmisi data biasanya mengikuti standar kecepatan
terendah untuh
menghindari kesalahan. Namun fasiltas teknologi kompresi data yang
dimiliki modem
biasanya mampu meningkatkan laju transfer data. Perhatikan pula
rasio jumlah
sambungan telepon yang dimiliki ISP dengan jumlah pelanggannya
(normalnya maksimal
1 saluran untuk 10 pelanggan)
Perhatikan Bandwidth
yang dimiliki ISP. Bandwidth adalah lebar pita saluran
yang dapat dilewati
data pada saat yang sama, dapat dianalogikan dengan 'berapa
lebar jalan yang
akan dilewati mobil'. Bandwidth berkaitan dengan pertanyaaan
'berapa banyak data
ditransmisikan dalam satu saluran pada satu saat ?'. Semakin
besar bandwidth yang
dimiliki maka semakin banyak data dapat ditransmisikan serta
semakin banyak orang
dapat memakai saluran yang sama tanpa berkurang kecepatan
aksesnya
Saat ini ISP di
Indonesia yang terbesar bandwidthnya sekitar 3 Mb, semakin
kecil akan buruk
kinerjanya dan ini berbanding lurus dengan jumlah pelanggan serta
rata2 pemakaian
saluran setiap saat. Jumlah pelanggan yang melebihi rasio
bandwidth dan
terjadinya beban puncak mengakibatkan browsing menjadi lambat dan
mungkin beberapa
service yang bandwidth intensive akan mengalami kegagalan (FTP
dan Chat misalnya)
Apakah ISP anda
mempunyai server proxy ? Proxy adalah server khusus yang
bertugas sebagai
cache bagi pelanggan ISP. Server proxy adalah sebuah indeks
alamat2 (host)
vaforit berikut isinya yang sering dikunjungi oleh masing2 pelanggan.
Proxy berguna
sebagai akselerator akses disaat jaringan (baik ISP maupun host
tujuan) berada pada
beban puncak (peak). Sekaligus menghemat bandwidth yang
dimiliki ISP karena
dengan bantuan proxy server maka pengguna tidak perlu
melakukan koneksi
keluar untuk melihat isi host favoritnya
Apakah ISP anda
mempunyai backbone sendiri ? Backbone adalah saluran
koneksi utama yang
menghubungkan jaringan ISP dan Internet. Kebanyakan ISP di
Indonesia menyewa
backbone dari pihak ketiga karena membangun backbone sendiri
membutuhkan
teknologi yang berat dan dana yang sangat besar. Semula ISP memiliki
(menyewa) backbone
sendiri, namun kini 1 backbone bisa dipakai oleh banyak ISP
karena krisis
ekonomi (fluktuasi nilai tukar mata uang - tarif backbone dalam US$).
Sebagai contoh 13
ISP nasional harus membangun konsorsium dan menyewa
backbone 2 Mbps
milik TelkomNet, akibatnya kinerja masing2 rendah karena harus
berbagi pakai dengan
pengguna backbone (ISP) lainnya. Padahal sebelumnya setiap
ISP memiliki
backbone sendiri rata2 minimal sebesar 512 Kbps hingga 3 Mbps
Apakah setiap
transaksi di Internet aman dari pembajakan, apakah ISP
memiliki mekanisme
pengaman ? Hampir setiap host di Internet menerapkan metode
Firewall yaitu suatu
cara verifikasi identitas berdasarkan pengenalan kode sistem yang
masuk. Setiap
pengguna memiliki kode sistem yang khas baik itu alamat (IP address)
node (titik dimana
komputer terhubung), nama user, password, sistem yang dipakai
dan sebagainya
masing2 secara unik. Firewall bekerja secara software dan hardware
sekaligus sehingga
memperkecil kemungkinan sistem keamanan ini ditembus. Dengan
firewall dapat
diketahui setiap koneksi yang tidak sah baik itu dari luar sistem maupun
dari dalam sistem
yang dimiliki ISP
Mekanisme pengaman
kedua di Internet adalah metode enkripsi dimana masukan
data yang penting
dan rahasia diubah dalam suatu algoritma tersandi dengan kunci
tertentu yang saling
berbeda satu sama lain di setiap transmisi dan transaksi koneksi.
Dengan enkripsi maka
kegiatan berbelanja di Internet menjadi aman karena setiap
data yang dimasukkan
(misalnya nomor kartu kredit) ditransmisikan dalam bentuk
yang tidak dapat
dikenali oleh siapapun kecuali sistem penerima. Sehingga walaupun
data tersebut
dibajak di tengah jalan, tetap tidak akan dapat diketahui isinya kecuali
si pembajak mampu
membongkar kunci algoritma penyandinya. Kegiatan perusakan,
pembajakan,
penyadapan, penyusupan illegal dan cenderung negatif semacam inilah
yang disebut
Phreaking dan Cracking, pelakunya disebut Phreaker dan Cracker.
Sedangkan yang
dimaksud dengan Hacking pelakunya disebut Hacker adalah kegiatan
membangun,
menganalisa, membongkar kelemahan dan memperbaiki sistem
komputer, termasuk
didalamnya kegiatan Phreaking dan Cracking namun untuk
tujuan mempelajari
suatu sistem.
4.
Peralatan Standar Apa yang Perlu Dimiliki ?
Internet dapat
diakses siapapun melalui segala jenis komputer seperti Mac, PC,
Notebook, Palmtop,
Mini komputer yang menjalankan sistem UNIX, DOS, Windows,
OS2 atau System Mac.
Karena jenis komputer yang paling populer adalah PC dengan
sistem Windows maka
referensi ini berdasarkan kriteria PC, sistem lain mengikuti
standar yang setara
dengannya.
CPU 486 16 Mb. plus
Harddisk 1 Gb. dan modem 28.8 Kbps. telah cukup cukup
memenuhi syarat
minimal untuk memakai Internet secara lengkap. Perangkat yang
lebih baik dan
lengkap akan banyak membantu terutama dalam hal kecepatan proses.
Processor sekelas
Pentium generasi terbaru, RAM diatas 32 Mb., chipset teknologi
terakhir , monitor
layar lebar, multimedia dan modem 33.6 Kbps. - 56 Kbps yang
mendukung berbagai
standar transmisi data serta koreksi kesalahan adalah pilihan
terbaik.
5.
Software Standar Apa yang Perlu ?
Umumnya pengguna di
Indonesia familier dengan komputer jenis PC dengan
perangkat lunak yang
bekerja di platform DOS dan Windows.
Sistem Operasi : MS
Windows 3.x (+ Win32s), MS Windows 95, NT, IBM OS2, LINUX /
UNIX
Browser : Internet
Explorer 3.x, 4.x, Netscape Navigator 3.x, 4.x (Communicator)
Utility lain : FTP,
Telnet, Finger, IRC, Mail + News Reader dan sebagainya
Anti Virus yang bisa
bekerja menangkal serangan dari Internet.
Kalau berminat
mendalami HTML perlu ditambahkan lagi :
Editor HTML : IE dan
Netscape telah memiliki editor HTML grafis yang WYSIWYG
(seperti Front Page
dan Composer), demikian juga yang dari pihak ketiga seperti
Dreamweaver
(Macromedia) dan PageMill (Adobe). Namun editor HTML konvensional
seperti HTML Editor,
HTML Writer, Hotdog maupun HoTMetaL tetap diperlukan untuk
beberapa alasan
Editor Grafis :
Corel Suite, Adobe PhotoShop berikut plug in seperti filter KPT
Animasi Grafis : GIF
Construction Kit dari Alchemy Works, Macromedia Flash atau
yang lainnya
Image Map : Paint
Shop Pro, Map Editor atau yang lainnya
Sistem FTP : Untuk
transfer file ke host WEB antara lain FTP32 LE, FTP Explorer
Koleksi animasi GIF,
gambar teksture dan background akan mempercepat
mempercantik dan
mempermudah pekerjaan.
Seluruh software ini
bisa didapatkan dengan mudah di toko software dalam format
CD. Harganya cukup
terjangkau berkisar antara 15.000 - 60.000 rupiah. Pilihan kedua
adalah download
langsung dari web site / FTP server Internet software2 dimaksud.
Beberapa ISP juga
menyediakan fasilitas FTP lokal dimana user bisa mendownload
program shareware
dan freeware secara lebih cepat. Mintalah informasi ke ISP anda
apakah memiliki
koleksi software di atas.
Pengertian Utility
Lain
Browser adalah
software navigasi yang berfungsi sebagai penunjuk dan penuntun
sekaligus
menampilkan apa yang dijumpai di Internet bagi pengguna
Finger adalah
fasilitas pencari identitas suatu alamat di Internet
Telnet adalah suatu
fasilitas yang memungkinkan seseorang menghubungi dan
menggunakan komputer
yang berada di tempat lain (remote) melalui Internet
FTP (File Transfer
Protocol) adalah suatu protokol yang menjembatani pertukaran file
antara dua sistem di
Internet. Software yang populer adalah FTP32 LE
IRC (Internet Relay
Chat) populer disebut Chating adalah suatu media diskusi on line
(langsung) atas
topik tertentu diantara sekelompok pengguna Internet. Software yang
bisa dipakai untuk
kegiatan ini misalnya MiRC32
Mail Client + News
Reader yaitu software pembaca mail dan news apabila anda
memakai fasilitas
e-mail, berlangganan majalah elektronik, mailing list dan usenet /
news.
6.
Bagaimana Setiap Sistem di Internet Dapat Saling Mengenali ?
Sistem di Internet
dapat saling mengenali berkat adanya berbagai protokol transfer
data dan sistem
pengalamatan yang unik untuk masing2 node dan berbeda satu sama
lain. Macam2
protokol ini adalah :
HTTP (Hypertext
Transfer Protocol) adalah protokol utama WEB yang mengatur tata
cara yang harus
dipakai oleh Browser untuk mengambil dokumen WEB dalam format
HTML
FTP (File Transfer
Protocol) yaitu protokol yang mengatur tata cara transfer file dalam
bentuk biner dan
teks antara dua node Internet
Gopher yaitu
protokol yang dirancang untuk mengakses sistem gopher (suatu server
dengan sistem menu)
atau melalui Telnet
Telnet adalah
protokol untuk melakukan remote access melalui Internet antara 2 node
yang terpisah jauh
NNTP (Network News
Transfer Protocol) adalah protokol yang mendistribusikan berita
di Usenet yang
sering disebut sebagai News
SMTP (Simple Mail
Transfer Protocol) adalah protokol untuk pengiriman e-mail
POP (Post Office
Protocol) adalah protokol untuk menerima, mengenali dan
menyimpan e-mail
Dan sejumlah
protokol lain yang bertambah sesuai perkembangan teknologi Internet.
Seluruh protokol ini
dapat mengetahui lokasi suatu informasi berkat adanya metode
pengalamatan di
Internet yang disebut URL (Universal Resource Locator). Formatnya
adalah sebagai
berikut : protokol_transfer://nama_host/path/nama_file contohnya :
http://www.mtv.com/music/index.html
(http) protokol
transfer yang dipakai, (www) menunjukkan host tersebut mendukung
WEB, (mtv) adalah
nama host yang dituju, (com) adalah nama top domain, (music)
adalah path yang
dicari dan (index.html) adalah dokumen yang akan ditampilkan oleh
browser dalam format
HTML.
Selain itu sistem
pengenal dan penamaan di Internet mengikuti suatu standar
pengkategorian yang
disebut Domain Name System (DNS). Dengan DNS setiap nama
di Internet harus
mengikuti kategori domain yang sudah ditentukan agar bisa
dikenali. Untuk
memperoleh domain name seseorang atau suatu lembaga harus
terlebih dahulu
mempunyai alokasi IP address dari IANA atau ISP, memiliki mesin /
server DNS sendiri
atau terdaftar di salah satu mesin DNS dan kemudian mendaftar
ke lembaga pengelola
fasilitas domain registration baik Internasional maupun lokal.
Contoh kategori
domain adalah : com (organisasi komersial), edu (pendidikan), gov
(pemerintahan), org
(organisasi umum), mil (militer). Semua ini adalah standar top
domain internasional
yang harus diregistrasikan ke sebuah lembaga yang disebut
INTERNIC. Sedangkan
masing2 negara punya lembaga registrasi domain dan punya
alokasi top domain
masing2 misalnya au (Australia), jp (Jepang), sg (Singapura), my
(Malaysia) dst. Di
Indonesia (id) registrasinya melalui IDNIC yang menyelenggarakan
fasilitas DNS untuk
top domain co.id, or.id, go.id, mil.id, ac.id dan net.id
Mengapa kita
memerlukan DNS ? Dalam transmisi data ada istilah resolving address
yaitu suatu proses
penerjemahan domain name dan URL ke alamat IP. Secara
elektronik mesin
berkomunikasi dan saling mengenali melalui alamat node (IP
address), sedangkan
manusia sulit untuk menghapal alamat numerik (angka), lebih
mudah mengingat dan
menghapal identitas URL atau nama domain. Maka apabila
anda mengetikkan URL
http://arema.cjb.net maka sesungguhnya komputer anda
menanyakan alamat IP
dari host dan domain tersebut ke mesin / server DNS.
Selanjutnya DNS
server akan melakukan resolving name dan address sehingga
komputer anda dapat
menghubungi host yang dimaksud.
7.
Bagaimana E-Mail dan Service Internet Lainnya Bekerja ?
E-mail
Sistem mail Internet
bekerja sebagaimana kotak surat biasa, namun bedanya surat
dikirim dalam bentuk
dokumen dan didistribusikan secara elektronik sehingga disebut
E-mail. Kelebihan
e-mail adalah kecepatan, jarak ribuan mil hanya akan ditempuh
selama beberapa
detik (hampir seketika) sedang dengan jasa pos bisa memakan
waktu
berminggu-minggu. Setiap kotak surat memiliki pemilik (bisa perorangan,
organisasi) dan
alamat yang jelas, unik dan berbeda satu sama lain sehingga bisa
dipakai sebagai
penunjuk identitas.
Format pengalamatan
mail mengikuti standar sebagai berikut :
identitas_pemilik@nama_host
misalnya dna3dc@mlg.ywcn.or.id (dna3dc)
menunjukkan
identitas pemilik alamat kotak surat (mail box), (@) menunjukkan
bahwa format
pengalamatan ini khusus untuk e-mail, (mlg) lokasi geografis host
(Kota Malang),
(ywcn) nama host, (or) menunjukkan identitas domain host ywcn
yaitu organisasi
umum, (id) identitas top domain host yaitu berada di negara
Indonesia. Secara
umum format ini mirip URL dan tetap mengikuti standar DNS.
Protokol yang
menentukan distribusi mail di Internet disebut Simple Mail Transfer
Protocol (SMTP) yang
berbasis kode ASCII. Format mail dalam kode ASCII
dipergunakan khusus
untuk dokumen mail yang berupa teks. Untuk transfer dokumen
mail dalam bentuk
grafis digunakan format biner dan mempergunakan protokol
khusus yang disebut
Multipurpose Internet Mail Extension (MIME).
Protokol yang
dipakai untuk menerima mail disebut dengan Post Office protocol (POP).
Protokol ini yang
mendefinisikan bagaimana sebuah mail dalam berbagai bentuk (asal
dalam format SMTP)
diterjemahkan dan diterima oleh sistem yang dimiliki user.
Dengan kata lain
SMTP adalah gerbang untuk mengirim mail dan sebaliknya POP
adalah gerbang untuk
menerima mail.
Usenet / News
Di Internet ada
suatu banyak tempat yang menyediakan suatu kelompok diskusi yang
disebut Usenet. Di
dalamnya ditampilkan berbagai atikel yang disebut News dalam
berbagai topik dan
kategori yang disebut Newsgroup. Setiap pengguna Internet dapat
mengikuti
(berlangganan) diskusi di Usenet secara gratis. Peserta usenet
dimungkinkan untuk
membuka suatu topik baru maupun menutup / tidak mengikuti
suatu group diskusi
secara bebas karena usenet tidak memiliki pengelola khusus.
Untuk mengakses
server usenet diperlukan suatu software khusus yang disebut news
reader. Setiap topik
memiliki alamat khusus yang terdaftar di news server misalnya
alt.culture.indonesia
Mailing List (Milis)
mirip dengan Usenet namun hanya membahas satu topik yang
spesifik dan
biasanya dikelola oleh suatu institusi. Dengan berlangganan milis
sesorang dapat
memperoleh berbagai informasi, artikel dan diskusi melalui mail yang
rutin dikirimkan
oleh penyelenggara. Milis mempunyai sejumlah aturan yang
disepakati bersama
menyangkut tata cara penulisan dan pengiriman serta isi materi
artikel / diskusi
sedangkan di usenet hal aturan ini mungkin tidak berlaku.
Berlangganan milis
tidak diperlukan software khusus kecuali harus memiliki alamat email
karena artikel2
langsung dikirim ke alamat e-mail.
SPAM
SPAM adalah aneka
informasi yang tidak berguna (sampah) yang dikirimkan oleh
berbagai pihak ke
alamat e-mail anda. Umumnya SPAM berisi iklan komersial namun
tidak sedikit yang
berisi humor, sumpah serapah, pornografi, ajakan dan pesan konyol
serta berbagai isu
serius namun tak memiliki hubungan apapun dengan kepentingan
dan minat anda di
Internet. SPAM bisa pula terjadi akibat ulah serangan ilegal
seseorang yang
disebut dengan mail bombing dimana pelaku mengirimkan surat
dalam jumlah yang
banyak atau berukuran besar dengan tujuan memenuhi mailbox
anda atau membuat
macet mail server.
SPAM muncul apabila
kita kurang berhati2 dalam bertransaksi di Internet sehingga
alamat mail kita
dapat diketahui oleh penyelenggara layanan iklan komersial. Salah
satu cara untuk
menghindari SPAM adalah memasang suatu software yang bertindak
sebagai filter atas
mail yang masuk ke alamat anda. ISP biasanya menyediakan
fasilitas ini dan
tidak sembarangan memakai alamat e-mail sebagai identitas.
Service
Layanan di Internet
lazim disebut sebagai service, secara fisik dilakukan oleh mesin
yang disebut server
atau disebut juga sebagai host melalui perantaraan protokol.
Suatu server identik
namanya dengan service dan protokol yang dijalankan. Misalnya
WEB Server, service
disebut WEB dan protokolnya disebut http, FTP Server servicenya
disebut FTP dan
protokolnya disebut ftp. Demikian juga yang lainnya. Karena nama
host, sebutan
service dan protokol seringkali sama / serupa maka harus dicemati
dalam konteks apa
istilah tersebut dipakai.
8.
Search Engine
Internet adalah
rimba belantara informasi, siapapun bisa tersesat didalamnya. Sering
pengguna intenet
tidak menyadari bahwa dirinya berada dalam suatu tempat yang
tidak memberikan
manfaat atau tidak menemukan apa yang dicarinya sesuai dengan
minat dan tujuan
berInternet. Masalah ini muncul akibat ketidaktahuan, "hendak ke
mana ?" adalah
pertanyaan yang umum.
Dalam kasus ini
Search Engine bisa menjadi solusi yang tepat. Sebuah search engine
adalah host yang
berisi koleksi daftar alamat Internet yang telah ditata sedemikian
rupa menurut indeks
dan kategori topik tertentu. Pemakai layanan ini dapat mencari
alamat, topik dan
informasi yang diinginkannya di seluruh Internet hanya dalam
waktu beberapa saat
saja. Syaratnya hanya mengisikan sebuah atau beberapa kata,
frasa maupun kalimat
kunci (keyword) mengenai informasi yang dicarinya tersebut.
Hal ini dimungkinkan
karena search engine memiliki features atau fasilitas pencarian
berdasarkan
kesesuaian kata kunci yang dimasukkan terhadap data base yang
dimilikinya baik itu
sesuai seluruhnya, sebagian maupun tidak sesuai. Features ini
dapat berperan
berkat adanya operator logika dalam metode digital yang berbentuk
pemisahan kriteria
atas batasan "dan" "atau" "sama dengan"
"tidak sama dengan"
serta
"benar" "salah".
Penentuan sikap dan
tujuan sebelum melakukan koneksi Internet adalah patokan
perilaku yang harus
selalu diingat. Kebijaksanaan akan mencegah anda tersesat atau
membuang sumber daya
(waktu, tenaga, uang, pulsa) secara percuma atau untuk
hal2 yang kurang
bermanfaat. Tentukan terlebih dahulu tujuan anda berInternet, cari
informasi dari
teman, buku, majalah atau media lain di mana alamat yang
berhubungan,
fokuskan pencarian pada topik dan informasi yang anda inginkan dan
eprgunakan search
engine untuk memaksimalkan pencarian.
9.
Apakah Internet Mendukung Multimedia, Game, Hiburan Serta Aktifitas
Lainnya
?
Dengan kemajuan yang
diraih oleh WEB kini semakin banyak ragam informasi yang
dapat ditampilkan di
Internet. Jutaan kios yang mendukung multimedia (grafis,
animasi, video,
film, suara, efek 3D dsb.) muncul dalam berbagai tujuan dan visi.
Bahkan kini dengan
software tertentu PC anda bisa dijadikan video phone ke tujuan
manapun dengan pulsa
lokal ! Dengan teknologi tele conference konsep kegiatan
pendidikan jarak
jauh bisa diwujudkan.
Demikian juga game
baik yang on line maupun yang harus dibeli, shareware dan
freeware telah
menjadi bagian dari kekayaan Internet. Dunia hiburan yang lain seperti
musik, film,
televisi, majalah, koran, tabloid, teater juga telah berada di Internet.
Anda bisa
mendapatkan klip2 video yang anda sukai dalam bentuk MPEG yang
dengan mudah dapat
di download secara gratis. Informasi mengenai artis, gosip dan
pernik2 selebritis
lainnya tersedia melimpah. Banyak fans club yang membuka kios
Internet dengan
beragam informasi yang tidak terdapat dalam situs resmi. Dunia
hiburan adalah daya
tarik yang lain bagi Internet karena kekayaannya.
Media massa adalah
kelebihan lainnya. Koran on line akan menghadirkan berita
terkini dihadapan
anda lebih cepat daripada loper koran. Belum lagi alternatif sumber
berita dapat anda
kunjungi satu per satu tanpa harus mengeluarkan uang langganan
serta menumpuk koran
/ majalah bekas yang berdebu di sudut rumah. Bilamana
diperlukan hard copy
cukup mencetaknya ke printer atau mengkopi ke disket.
Informasi menjelajah
dunia dalam orde detik, peristiwa reformasi di Indonesia berkat
Internet dapat
diikuti setiap menit dari ujung belahan dunia.
Ketersediaan dan
keragaman informasi di Internet juga sulit ditandingi media lainnya.
Berbagai database,
katalog, buku, ensiklopedia, perpustakaan dsb. tersedia gratis,
lengkap dan cepat
dalam bentuk tulisan maupun multimedia. Kemudian berbagai
komoditas dan
kesempatan bisnis on line diperjualbelikan di Internet sehingga orang
dapat berbelanja dan
berusaha di Internet. Kegiatan bisnis di Internet ini sering
disebut sebagai
e-commerce. Dewasa ini sebagian besar perusahaan multinasional
terkena demam untuk
menampilkan web sitenya di Internet. Mereka sadar bahwa
Internet adalah
pasar dan sumber bisnis yang sangat potensial.
10.
Apakah Java, CGI dan ASP Itu ?
Kendala terbesar
bagi suatu jaringan komputer besar multiplatform seperti Internet
adalah diperlukannya
suatu standar yang memungkinkan seluruh sistem tersebut
bekerja sama.
Berbagai protokol komunikasi telah diluncurkan untuk menjembatani
perbedaan ini namun
bagaimana dengan bahasa pemrograman untuk membangun
software2 di dalam
sistem yang satu sama lain berbeda tersebut ?
Java
Di Internet terutama
WEB kisah sukses HTML telah banyak memberikan jawaban
terhadap masalah
ini. Namun HTML bukanlah bahasa yang kompleks dan mampu
menangani masalah2
besar seperti data base. Pada masa awal Internet bahasa C
menjadi andalan
banyak orang dengan asumsi bahwa Internet terutama dibangun
berdasarkan
infrastruktur UNIX sedang C adalah bahasa ibu bagi UNIX. Namun
Internet berkembang
lebih jauh dan cepat dan bahasa C menjadi bermasalah karena
terlalu kompleks dan
terlalu banyak penyesuaian yang harus dilakukan untuk
menerapkan C ke
dalam aplikasi Internet.
Awal 1995 SUN
Microsystems memperkenalkan sebuah modifikasi dan
penyederhanaan atas
bahasa C standar yang disebut Java. Bahasa Java ini dengan
cepat menjadi sangat
populer karena berhasil diimplementasikan secara praktis
sebagai suatu script
ke dalam HTML. Dewasa ini Java telah diakui sebagai bahasa
pemrograman standar
di Internet dan terus dikembangkan oleh berbagai konsorsium
(selain oleh SUN
sendiri) guna memperbaiki kompatibilitas, fleksibelitas dan
kecepatannya.
Belakangan Java juga dikembangkan untuk aplikasi umum yang
kompleks sebagaimana
bahasa pemrograman lainnya dan bukan hanya untuk
Internet.
Java berbentuk
script di dalam HTML dan dikenal dengan istilah Client Side Processing
dimana proses
eksekusi program dilakukan di komputer pengguna. Karena model
tersebut maka Java
Script memiliki kelemahan dalam hal kecepatan proses. Namun
sebaliknya Java
Script memiliki kelebihan tidak tergantung kepada fasilitas yang
disediakan server.
CGI
Pemrograman lainnya
di dalam aplikasi Internet menggunakan Common Gateway
Interface (CGI)
script. Banyak bahasa pemrograman komputer populer yang
mendukung CGI diantara
lain C, Perl, Visual Basic dst. Sebagian memang dikhususkan
untuk aplikasi CGI
pada mesin, server, dan software tertentu misalnya Cold Fusion,
PolyForm, ASP, PHP
maupun FrontPage Extension. CGI memakai model Server Side
Processing dimana
proses eksekusi program dilaksanakan dengan fasilitas server,
pengguna tinggal
menerima hasilnya. CGI mampu menghasilkan aplikasi yang sangat
kompleks sehingga
bisa menggantikan program2 LAN konvensional apabila
diaplikasikan dalam
Intranet. CGI juga sangat mudah diintegrasikan ke dalam model
dan struktur
aplikasi database, security, enkripsi dan otentikasi sehingga dengan
cepat menjadi
standar utama teknologi WEB / HTML khususnya di bidang ecommerce.
Dynamic HTML
Kemampuan terbaru
dari HTML adalah gabungan beberapa script dalam HTML yang
menjadikan halaman
tampilan bersifat dinamik, cerdas dan mampu berubah otomatis
sesuai kehendak
pengunjung. Halaman ini bisa pula menampilkan hal2 tertentu atau
pop up windows yang
terpisah secara otomatis walaupun tanpa diminta setiap kali
pengunjung membuka
halaman tersebut. Halaman tersebut juga mampu
mengerjakan hal2
tertentu yang tersembunyi seperti mengirimkan cookies atau
mendeteksi
informasi2 dalam komputer pengunjung. Ide dasarnya adalah suatu
halaman web yang
cerdas namun sederhana dengan memanfaatkan teknologi server
dan script
sekaligus. Setiap perusahaan memiliki sendiri standar DHTML ini, Microsoft
misalnya menerapkan
teknologi Active Server Pages (ASP) yang berjalan di platform
server Windows NT
based dengan menggunakan software Internet Information Server
(IIS) serta memakai
fasilitas script FrontPage Extension serta Active X.
No comments:
Post a Comment